Sabtu, 14 Oktober 2017

KONSEP AIDA + S

Di dalam setiap kegiatan bisnis harus diusahakan agar wirausahawan memperhatikan konsep AIDA + S.

AIDA + S merupakan singkatan dari:
A = Attention
I = Interest
D = Desire
A = Action
S = Satisfaction

Konsep ini berlaku untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh bisnis yang dapat menarik hati konsumen/langganan. Misalnya kegiatan membuat suatu produk yang memuaskan konsumen, kegiatan melayani konsumen pada sebuah pertokoan atau kegiatan-kegiatan lainnya.

Pertama kali konsumen berhubungan dengan perusahaan tentu muncul lebih dulu perhatian (Attention) misalnya pada saat konsumen lewat di depan sebuah toko. Konsumen tersebut memperhatikan satu jenis barang yang dipajangkan di etalase depan toko. Kemudian konsumen tersebut timbul minatnya (Interest), lalu dia masuk kedalam toko. Setelah masuk ke dalam toko dia mencari pelayan dan minta diambilkan barang yang dia ingini. Ini berarti keinginannya (Desire) makin meningkat. Kemudian dia menanyakan berapa harganya, lalu tawar-menawar, cocok harga, langsung dibayar di kas (Action). Setelah barang dibawa pulang ke rumah lalu di pakai (seandainya bentuk pakaian atau dinamakan kalau bentuk makanan). Setelah barang tersebut dikonsumsi maka muncul dua kemugkinan konsumen tersebut puas atau tidak puas.

Tujuan dari setiap pemasaran ialah menimbulkan kepuasan bagi konsumen. Jika konsumen puas terhadap barang tersebut atau terhadap pelayanan toko tersebut maka konsumen-akan melakukan pembelian ulang. Jika konsumen tidak puas maka dia tidak akan melakukan pembelian ulang dan akan memberikan reaksi negatif serta menginformasikan reaksi negatif itu kepada keluarganya, sahabatnya, sehingga pemasaran produk tersebut tidak mencapai sasaran. Hal ini dapat menimbulkan kegagalan bagi perusahaan.

• CONTOH AIDA + S :

1. AWARE

Langkah pertama tentunya harus menyadari, tahu (aware) akan keberadaan Perpustakaan Unika Atma Jaya. Pengguna menyadari bahwa Unika Atma Jaya merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai beberapa fakultas dan jurusan. Unika Atma Jaya membuka program sarjana strata satu (S1), pascasarjana (S2) dan Doktor. Dengan demikian pasti ada Perpustakaan untuk menunjang proses belajar dan mengajar tersebut. Pengguna sadar, tahu (aware) akan keberadaan Perpustakaan Unika Atma Jaya.

2. INTEREST

Setelah menyadari keberadaan Perpustakaan Unika Atma Jaya, pengguna akan berusaha mencari tahu segala sesuatu supaya keinginannya terpenuhi. Supaya paham, tertarik, menarik perhatian (interest) maka Perpustakaan Unika Atma Jaya memerlukan promosi atau publikasi yang akan menyadarkan pengguna, bahwa informasi yang dibutuhkan ada di Perpustakaan Unika Atma Jaya. Publikasi yang dilakukan antara lain:

1. Media cetak seperti penyebaran brosur, bulletin, spanduk dan lain-lain.

2. Media elektronik seperti membuat situs (homepage) yaitu AtmaLib.

3. Membuat film dokumenter tentang Perpustakaan.

4. Mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan keikutsertaan masyarakat, misalnya pameran dan perlombaan.

5. Mengadakan seminar ilmiah, diskusi, bedah buku dan lain-lain.

6. Memberikan hadiah buku atau menyumbangkan buku kepada pemakai perpustakaan.

3. DESIRE

Dengan adanya publikasi seperti di atas, sehingga menimbulkan hasrat, keinginan (desire) pengguna untuk datang ke Perpustakaan Unika Atma Jaya. Misalnya melalui atmaLib pengguna dapat mencari (search) informasi yang mereka inginkan secara online. Begitu juga dengan brosur dan bulletin atmaLib, pengguna dapat mengetahui koleksi dan fasilitas apa saja yang dapat mereka manfaatkan.

4. ACTION

Setelah pengguna menginginkan informasi yang ada di Perpustakaan Unika Atma Jaya, tentunya akan berusaha supaya informasi tersebut mereka dapatkan. Pengguna akan datang sendiri atau hanya berkomunikasi melalui media yang ada. Pengguna yang datang ke Perpustakaan, tentunya akan mendapatkan pelayanan yang baik dan sesui dengan yang diinginkan. Dengan datang dan melihat langsung koleksi yang ada, pengguna akan melakukan tindakan (action) dengan cara mencatat, memfotokopi atau hanya berkonsultasi dengan pustakawan tentang informasi yang dibutuhkan.

Cr  :
1. http://joxyt.blogspot.co.id/2013/08/menjual-kegiatan-dasar-wirausaha.html?m=1
2. http://alinurdinkhani.blogspot.co.id/2009/12/strategi-pemasaran-dengan-konsep-aida.html?m=1

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.